SERTIFIKASI LAIK OPERASI

 

Tenaga listrik mempunyai peran yang sangat strategis dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional. Usaha penyediaan tenaga listrik dikuasai oleh negara dan penyediaannya perlu terus ditingkatkan sejalan dengan perkembangan pembangunan agar tersedia tenaga listrik dalam jumlah yang cukup, merata, dan bermutu.

Tenaga listrik di samping bermanfaat, dapat juga membahayakan bagi masyarakat dan lingkungan hidup. Untuk itu, setiap kegiatan usaha penyediaan dan pemanfaatan tenaga listrik wajib memenuhi ketentuan keselamatan ketenagalistrikan.  Sertifikat Laik Operasi (SLO) untuk seluruh instalasi tenaga listrik merupakan salah satu penerapan ketentuan keselamatan ketenagalistrikan.

Kewajiban SLO harus dimiliki instalasi pembangkit, transmisi dan distribusi, pemanfaatan tegangan tinggi, pemanfaatan tegangan menengah dan pemanfaatan tegangan rendah melalui pemeriksaan dan pengujian pada saat instalasi tenaga listrik selesai dibangun, direkondisi, relokasi, atau masa berlaku sertifikat laik operasinya telah habis. Melalui penerapan SLO ini diharapkan dapat terwujud instalasi tenaga listrik yang andal sehingga dapat beroperasi secara kontinyu sesuai spesifikasi yang telah ditentukan, instalasi tenaga listrik yang aman sehingga bahaya yang mungkin timbul bagi manusia dan makhluk hidup lainnya yang dapat berupa kecelakaan dan kebakaran akibat listrik dapat diantisipasi, serta instalasi tenaga listrik yang ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan hidup saat instalasi tenaga listrik dioperasikan.

Proses sertifikasi laik operasi diupayakan agar berjalan secara mudah, efisien dan efektif agar tidak menjadi beban bagi masyarakat. Proses sertifikasi laik operasi dan penerbitan SLO untuk instalasi penyediaan tenaga listrik serta instalasi pemanfaatan tegangan tinggi dan tegangan menengah dilakukan oleh Lembaga Inspeksi Teknik Terakreditasi sedangkan untuk instalasi pemanfaatan tegangan rendah proses sertifikasi laik operasi dan penerbitan SLO dilakukan oleh Lembaga Inspeksi Teknik Tegangan Rendah yang ditetapkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Untuk instalasi pemanfaatan tenaga listrik yang telah teraliri listrik tetapi belum memiliki Sertifikat Laik Operasi diharapkan untuk mengajukan permohonan pemeriksaan dan pengujian kepada Lembaga Inspeksi Teknik Terakreditasi atau Lembaga Inspeksi Teknik Tegangan Rendah guna memastikan bahwa instalasi tenaga listrik tersebut telah memenuhi aspek keselamatan ketenagalistrikan yaitu andal, aman serta ramah lingkungan.

 

Daftar Instalasi Pelayanan Publik yang memiliki Sertifikat laik Operasi (SLO).

 

 

Informasi lebih lanjut hubungi:

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan

Direktorat Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan

Sub Direktorat Kelaikan Teknik dan Keselamatan Ketenagalistrikan

Jl. H.R. Rasuna Said Blok X 2, Kav. 07 dan 08 Kuningan Jakarta 12950

Telepon         : (021) 5225180 ext 2217

Faks               : (021) 52920212