[Cetak]
 1 Oktober 2014 00:00:00
Wakil Menteri ESDM Buka Pameran Kelistrikan Indonesia 2014

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral susilo Siswoutomo didampingi Direktur Jenderal ketenagalistrikan, Ketua Masyarakat ketenagalistrikan Indonesia Harry Jaya Pahlawan, Direktur Operasi Jawa-Bali-Sumatera Pt PLN Ngurah Adnyana, dan Ketua Panitia hari Listrik Nasional (HLN) ke-69 Sri Andini membuka Pameran Kelistrikan Indonesia yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC)Rabu (2/10).

Dalam sambutannya Wamen ESDM mengharuskan pertemuan dalam seminar-seminar dan pameran di sektor kelistrikan ini dapat membawa perubahan banyak dalam sektor ketenagalistrikan. Menurutnya dengan kebutuhan tambahan pembangkit listrik antara 5.000-6.000 MW per tahun, peran swasta dalam penyediaan tenaga listrik menjadi sangat vital. Sinergi antara pemerintah dan masyarakat ketenagalistrikan merupakan keharusan agar listrik Indonesia tetap menyala. “Hari ini merupakan hajatan perkawinan antara pemerintah, MKI, PLN, dan para investror,” ungkapnya.

Pameran yang mengusung tema “Percepat Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional” ini adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh oleh Listrik Indonesia. Sebelumnya pameran ini juga sukses dihelat di Jakarta (2010), Palembang (2011), Batam (2012), dan Surabaya (2013). Pameran Kelistrikan 2014 ini dilaksanakan tanggal 1 – 3 Oktober 2014 dan diikuti oleh 100 perusahaan energi dan kelistrikan lokal maupun internasional. 

Direktorat Jenderal Ketenagalitrikan Kementerian ESDM juga berpartisipasi dalam pameran ini dengan menghadirkan booth yang memberikan informasi seputar investasi ketenagalistrikan. Dalam booth tersebut pengunjung pameran dapat malakukan konsultasi mekanisme perizinan usaha penyediaan maupun usaha penunjang ketenagalistrikan. Dalam pameran tersebut Ditjen Ketenagalistrikan juga mensimulasikan perizinan Sertifikat Laik Operasi (SLO) secara online yang dapat diakses melalui website www.djk.esdm.go.id. (PSJ)